Wisata Tebing Keraton Bandung

April 9th, 2016 | Posted in Wisata | | Tags: , , , , ,
2018-12-13 12:46
Wisata Tebing Keraton Bandung

Images dari : travel.grivy.com

Bandung adalah salah satu kota terspesial yang ada di Indonesia dikarenakan dikelilingi oleh jalur pegunungan. Ada banyak obyek wisata alam khas pegunungan di Bandung yang sangat populer diantaranya Gunung  Tangkuban Perahu dan Dusun Bambu Lembang, serta tempat wisata alam di Bandung bagian Selatan yaitu Kawah Putih Ciwidey, di bagian Timur ada Caringin Tilu dan di bagian Utara ada Bukit Bintang yang menawan dan sangat eksotis.

Akhir-akhir ini wisata alam Bandung pun semakin bertambah karena telah ditemukan obyek wisata baru yang sedang populer di social media, yaitu wisata Tebing Keraton Bandung. Selain pemAndagan alam yg sangat menawan, Tebing Keraton Bandung juga dikenal akan misteri dan hal-hal mistisnya.

 

Lokasi Wisata Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton berada di dalam objek wisata Bandung yang sudah populer terlebih dahulu yaitu kawasan Taman Hutan Rakyat DjuAnda ( Tahura DjuAnda ) di Desa Ciburial Kab. Bandung Utara Dago. Tebing Keraton Dago Bandung ini tepatnya berada di Kampung Ciharegem Puncak (RW 10) Desa Ciburial.

Masyarakat sekitar sering menyebut Tebing Keraton ini sebagai Pasir Jontor ( Pasir dalam bhs sunda sama dengan istilah bukit ) bahkan ada juga sebagaian masyarakat yang menamainya dengan nama Cadas Jontor. Disebut jontor ( dalam bahasa indonesia bisa berarti memble ) disebabkan kontur cadas atau batu yang yang berupa tebing yang menjorok ke depan, sangat mirip dengan keadaan bibir kita apabila kena bogem atau pukulan. Tebing Keraton ini menurut sebagian masyarakat sekitar dinyatakan masih misterius dan berbahaya namun pemAndangannya sangat eksotik dan cantik.

Bapak Asep adalah Penemu sekaligus yang memberikan nama atau istilah Tebing Keraton. Dinamakan Tebing Keraton karena kekaguman beliau akan keindahan alam yang ada di sekitar tebing Keraton dan juga dari pemAndangan yang dilihat dari puncak atas tebing Bandung yang fenomenal ini.

Jika di tempat wisata Bandung lainnya Anda akan melihat gemerlap lampu Kota Metropolitaan Bandung yang romantis di kala senja dan malam hari, namun di tempat wisata Tebing Keraton Anda akan disuguhkan pemAndangan hijau dengan suasana tenang dan nyaman berupa berupa lebatnya hutan belantara Tahura DjuAnda yang begitu spektakuler dengan ketinggian +/- 1200 m di atas permukaan.

Jika Anda mempunyai waktu luang sempatkanlah untuk datang ke Tebing Keraton ini sebelum matahari terbit atau sekitar jam 6 pagi. PemAndangan saat sinar matahari terbit / sunrise dengan sinarnya menyelisik membuka kabut yang bersembunyi di balik hamparan pepohonan hijau khas Tahura DjuAnda memberikan sensasi pagi hari yang sangat cantik dan eksotis.

Anda dapat menikmati indahnya langit yang biru dengan warna siluet keemasan yang melingkupi jajaran perbukitan yang dibawahnya terdapat kawasan hijau Tahura DjuAnda, bahkan keindahan Tangkuban Perahu yang tampak dari kejauhan pun akan terlihat jelas dan indah ketika disinari cahaya matahari menjelang terbenam. Semua keindahan pemAndangan alam di Tebing Keraton ini sangat sayang untuk dilewatkan.

tiket masuk tebing keraton bandung

Images dari : www.pergidulu.com

Rute Jalan ke Tempat Wisata Tebing Keraton Dago Bandung

Untuk referensi, ini koordinat lokasi Tebing Keraton – https://www.google.com/maps/@-6.8350599,107.66238,15z

 

Akses menuju tempat wisata Tebing Keraton tidak terlalu sulit juga untuk dijangkau. Apabila Anda memulai perjalanan dari pusat kota Bandung, maka mulailah mengikuti arah kawasan wisata Dago Pakar, kemudiandilanjutkan ke arah jalan menuju Tahura atau Taman Hutan Raya DjuAnda.

Setelah itu Anda akan melewati sebuah gerbang masuk dan tempat parkir luas untuk Tahura, masih lurus terus. Tidak jauh dari sana ada jalan bercabang di dekat warung. Jalanan ke kanan ada tulisan Bukit Pakar Utara. BELOK KANAN.

Dari sini jalanan makin menanjak. Dulu kondisi jalanannya sangat rusak. Aspalnya sudah banyak yang habis sehingga permukaannya berbatu-batu. Tetapi sekarang sebagian besar jalanannya sudah di aspal. Hanya ada sebagian yang masih rusak parah dan berlubang besar. Dari sini jalanan akan melewati hutan di sisi kiri. Terus sampai ada tulisan ‘Warban’ alias Warung Bandrek. Di sini tempat para cyclist berkumpul sambil minum bandrek. Tidak jauh dari Warban, ada cabang dua.

Perhatian: jalanan ke kiri di-blok oleh para ojek lokal dan para pengunjung akan dipaksa belok dan parkir di lahan parkir yang sudah disediakan di sebelah kanan. Dari sana pengunjung akan dipaksa naik ojek.

Silakan negosiasi dengan ojek tersebut. Kalau bisa sogok mungkin boleh naik ke atas dengan kendaraan sendiri, tapi dari hasil investigasi kami kemarin katanya semua mobil tidak diperbolehkan naik ke atas dengan alasan jalanan rusak dan lahan parkir terbatas. Tarif ojek sekitar Rp 50.000,- per orang dan bisa ditawar (katanya). Kalau mau jalan kaki masih 2 km.

Jika sudah lewat halangan ojek tersebut, dari sana jalan terus, di kanan mulai tampak pemAndangan bukit-bukit hijau serta rumah-rumah di lereng bukit. Tak berapa lama kemudian akan tampak pemukiman warga. Jalanan akan terlihat berbelok ke kanan, ikuti jalan terus sampai habis pemukiman warga.

Tidak jauh dari sana ada belokan ke kiri yang agak curam. BELOK KIRI. Di belokan itu ada papan penunjuk sementara. Hanya sekitar 100 meter terakhir, jalanan sangat curam dan berbatu-batu. Tak lama kemudian ada beberapa warung di sebelah kanan dan di sisi kiri ada bangunan seperti gapura yang merupakan pintu masuk ke Tebing Keraton.

 

 

Tiket Masuk Tebing Keraton

Diawalnya untuk memasuki Tempat Wisata ini sebenarnya tidak ditetapkan besaran harga tiket masuk ke tebing keraton ini,karena pengelolaannya yang dilakukan swadaya masyarakat sekitar lokasi.Sehingga belum menentukan tarif parkir alias sistem suka rela.Sebelum akhirnya pihak pengelola Taman Hutan Raya DjuAnda mengambil alih fungsi ticketing warga sekitar dengan tarif Rp.11.000/orang dengan uang parkiran Rp.5.000/orang.

Jalanan yang curam dan menanjak,serta lokasi di puncak tebing keraton yang dari segi keamanan masih belum aman sepenuhnya untuk sebuah lokasi wisata,maka selama Anda menikmati suasana dan kecerian di sini seperti aktifitas foto-foto yang kadang sering dilakukan di ujung atau bagian tebing yang sangat berbahaya,maka dibutuhkan konsentrasi tinggi selama Anda datang kemari.

 

Sekian informasi tentang Tebing Keraton, mudah-mudahan bisa membantu. Selamat menikmati keindahan alam Bandung! :)

Please follow and like us:
0

Rekomendasi

picture of Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
picture of Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang Bandung
Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang…

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet