Review Spesifikasi Canon EOS 1D x

October 7th, 2015 | Posted in Gadget | | Tags: , , , , ,
2018-12-09 01:07

Review Spesifikasi Canon EOS 1D x | CANON mengaluarkan produknya yang terbaru yaitu Canon EOS 1D x. Kamera DSLR Canon EOS 1D x ini memiliki resolusi yang hampir sama dengan Canon EOS-1DS MARK III yaitu sebesar 18.1MP, sementara  Canon EOS-1Ds MARK III mempunyai 21.1MP. Pihak Canon menjelaskan bahwa dalam hal efisiensi mengumpulkan cahaya, pada saat tes MTF (Modulation Transfer Function, yaitu tes yang biasa digunakan untuk mengukur karakteristik suatu gambar) design baru dari sensor 18.1MP Canon EOS 1D x akan tampil sama baiknya dengan Canon EOS-1DS MARK III. Bagaimana Canon EOS 1D x yang memiliki resolusi lebih rendah tetapi bisa menjadi pengganti yang memadai  dari pixel yang lebih tinggi milik EOS-1Ds Mark III?.

Review Spesifikasi Canon EOS 1D x

Images dari : cnet.com

Review Canon EOS 1D x.

Canon mengatakan bahwa sensor baru ini memiliki pixel 21% lebih besar, bersama-sama dengan gapless lensa mikro-array, sensor baru ini dapat mengumpulkan cahaya lebih banyak. Canon telah merancang sensor CMOS Canon untuk EOS 1D X lebih tipis dari sebelumnya sehingga dioda photo menjadi lebih dekat ke permukaan sensor. Dengan cara ini, pixel Canon EOS 1D x mengumpulkan lebih banyak cahaya dan menghasilkan sinyal yang lebih baik dan lebih bersih/jelas. Dengan tingkat noise yang lebih kecil dan proses algoritma baru yang lebih maju membuat kamera mampu mereproduksi gambar lebih detail.

Sementara menggunakan MTF mungkin bukanlah cara terbaik untuk mengukur resolusi kamera, jika digunakan metode ini maka hasil untuk Canon EOS 1D x dan Canon EOS-1 Ds Mark III akan sangat mirip. Meskipun mudah untuk melihat bagaimana kamera full frame 12-frame-per-detik merupakan kamera pengganti untuk kamera sport-oriented EOS-1D Mark IV, tetapi kurang begitu jelas bagaimana kamera ini bisa menggantikan kamera EOS-1 Ds Mark III yang mempunyai resolusi lebih tinggi. Tetapi Canon meyakinkan bahwa perbaikan yang telah dibuat Canon untuk pemrosesan sinyal melalui penggunaan dua prosesor Digic 5+ dan perubahan fisik pada sensor membuat hal itu menjadi memungkinkan.

Fitur Canon EOS 1D x.

Canon juga mendesain ulang mekanisme cermin untuk memungkinkan frame rate yang lebih tinggi akan dicapai. Canon juga mengatakan bahwa gravitasi sekarang tidak mempunyai peranan dalam proses cermin terbalik turun setelah proses eksposur terjadi, dan gerakan cermin ke atas dan bawah sekarang dikendalikan sepenuhnya oleh motor. Canon menambahkan bahwa canon juga membuat proses yang mencegah cermin memantul kembali sehingga hal ini dapat meningkatkan frame rate yang lebih tinggi lagi. Untuk dapat melakukan hal ini gerakan cermin ke bawah didukung dengan cara yang sama pada saat cermin digerakkan ke atas.

Lalu mengapa Canon EOS 1D x tidak menggunakan cermin pellicle seperti pada teknologi yang digunakan Sony dalam produk terbarunya Alpha SLT?. Canon mengatakan menjawab bahwa itu tidak akan ideal dalam kasus ini. Sebuah cermin pellicle menyediakan cara yang baik untuk membuat frame rate yang tinggi, tetapi dalam kamera ini ada yang fitur lain yang akan dikompromikan oleh hilangnya cahaya dan kamera ini menjadi tidak mampu menawarkan pengaturan ISO tinggi tanpa meingkatkan level noise dan selain itu akan meningkatakan vignetting bila lensa panjang digunakan. Canon EOS 1D x tidak dapat dikompromikan dengan cara tersebut.

Sekian dulu laporan pandangan mata dari kami tentang Review Spesifikasi Canon EOS 1D x, Semoga informasi dari kami dapat membantu anda.

Please follow and like us:
0

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet