Review Kamera Olympus Pen Lite EPL3

October 5th, 2015 | Posted in Gadget | | Tags: , , , , ,
2018-11-20 21:08

Review Kamera Olympus Pen Lite EPL3 | Dengan diluncurkannya kamera digital Olympus Pen Lite EPL3, atau ‘Lite’ seperti namanya, bergabung dengan PEN family yang ada dan duduk sebagai model mid-level di atas E-PM1 ‘mini’ dan di bawah E-P3. Banyak perbaikan yang telah dilakukan oleh olympus diabndingkan dengan generasi sebelumnya.

harga kamera olympus pen e-pl1

Images dari : pinoyphotography.org

Fitur Olympus Pen Lite EPL3.

Olympus pen lite EPL3 membuat berbagai perbaikan, namun ada satu atau dua fitur yang akan mengagetkan para penggemar fotografi. Fitur Autofocus yang lebih baik dan super-cepat merupakan satu nilai plus dari Olympus Pen Lite EPL3, sedangkan body logam dan mode AVCHD movie yang sudah diperbaiki adalah merupakan jawaban dari kritik-kritik dari generasi PEN sebelumnya. Sensor kamera 12.3MP Live MOS adalah sensor Micro Four Thirds seperti pada semua model PEN lainnya. Sebagai kamera top-end sensitivitas ISO 12.800 menambahkan satu ekstra stop dibandingkan dengan model EPL2.

Keunggulan Olympus lainnya adalah sistem stabilisasi image-sensor, yang berarti bahwa apapun lensa yang ditempelkan pada body-nya akan bekerja dengan baik. Kamera digital ini dilengkapi dengan layar LCD 460k-dot 16:9 widescreen rasio, layar 3in dan terpasang pada braket yang dapat diatur sudut kemiringannya 85° ke atas dan 45° ke bawah. Meskipun kamera digital Olympus Pen lite EPL3 ini tidak memiliki built-in electronic viewfinder akan tetapi mempunyai kelebihan fitur tambahan yaitu dimasukkannya hotshoe standar dan aksesori Olympus Port 2 (AP2). Yang cukup mengejutkan adalah tidak adanya built -in flash dan diganti dengan flashgun kecil yang disertakan dalam paketnya. Mode burst 5.5fps EPL3 tampak memuaskan walaupun akan turun menjadi 4.1fps apabila system Image-stabilisation- nya diaktifkan.

Modus movie dari kamera digital Olympus Pen Lite EPL3 ini  juga mengalami perombakan. Kemampuan untuk merekam format M-JPEG (AVI) file masih disertakan, malah ditambahkan lagi kemampuan untuk merekan 1080i Full HD AVCHD yang mampu merekam gambar bergerak 60 fps (output pada 30fps dari sensor) dengan transfer data rate sebesar 17Mbps.

Desain Olympus Pen Lite EPL3.

Body Olympus Pen Lite EPL3 yang terbuat dari logam adalah satu perbaikan dari body plastik EPL2. Model dengan warna silver terlihat berkelas, dan logo Olympus yang menonjol pada bagian depan kamera menunjukkan ketelitian dan keseriusan finishing. Namun, tidak ada pegangan bertekstur yang kokoh pada body kamera.

Kinerja Olympus Pen Lite EPL3.

Bagi mereka yang mencari kamera digital point and shoot, Olympus Pen lite EPL3 terasa pas ketika diatur ke modus iAuto-nya (intelligent auto). Art Mode dan berbagai pilihan Scene juga ditanamkan dengan kemampuan pengaturan manual sehingga mudah untuk digunakan oleh siapapun juga. Kamera digital kompak release terbaru telah mengalami peningkatan yang cukup dramatis dalam hal kecepatan autofocus dan Olympus Pen lite EPL3 tidak terkecuali. Dengan sistem AF sesuai EP3, Olympus mengklaim bahwa model PEN terbarunya memiliki sistem autofocus tercepat di dunia. Pop kamera ke mode AF kontinyu (C-AF) atau modus pelacakan (C-AF TR) akan sangat terasa lambat untuk mencari obyek, dan ini diperburuk oleh kondisi cahaya rendah menyebabkan lebih lamat lagi. Bagaimanapun juga dengan mengabaikan semua aspek tersebut, kecepatan fokus kamera digital olympus pen lite E-PL3 ini sekitar 25% lebih cepat dari model generasi sebelumnya, di samping itu, pengaturan 35-point AF terbaru sangat luas dibandingkan dengan sistem 11- point. Kamera digital Olympus Pen lite EPL3 dapat mengambil gambar hingga 8 Raw + JPEG atau sampai dengan 10 file JPEG Fine. Pengosongan Buffer pada kamera ini terbilang cukup cepat, terutama pada saat pengambilan gambar JPEG saja. Namun, image stabilization (IS) sistem akan membatasi kecepatan burst menjadi 4.1fps. Baterai li-ion mampu menyediakan 330 gambar per charge menurut angka resmi, tetapi dari hasil uji coba didapatkan sedikit lebih rendah.

Pada peluncurannya, Olympus Pen lite EPL3 sedikit lebih mahal jika dibandingakan dengan pesaingnya. Dengan perbandingan Panasonic Lumix G3 (yang memiliki jendela bidik elektronik) dapat dibeli dengan harga yang lebih murah dengan lensa 14-42mm. Kamera digital ini menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik daripada rekan-rekan Micro Four Thirds yang dan memiliki fitur seperti kontrol lampu kilat nirkabel yang menawarkan berbagai macam fitur. Body logam Olympus Pen lite EPL3 ini juga menunjukkan suatu kualitas yang pantas untuk dibayar. Sayang olympus tidak menanamkan built-in flash di dalam kamera digital ini.

Spesifikasi Olympus Pen Lite EPL3.

  • Updated 12MP Live MOS sensor
  • 120 Hz ‘Fast AF’ focus system
  • Clip-on flash (included)
  • Built-in autofocus illuminator light
  • 460k dot tilting LCD screen (16:9 aspect ratio)
  • Dual-core TruePic VI processor
  • 1080i60 movies in AVCHD format
  • Shadow tone adjustment control
  • Revised and expanded Art Filter mode (with quick preview option)

Dengan design yang mungil dan finishing logam yang elegan, Olympus Pen lite EPL3 banyak menyatukan apa yang kurang dari pendahulunya. Layar 3 inci dengan rasio 16:9, menunjukkan rasio 4:3 untuk shot jarak dekat ke dalam ukuran 2,5 inci. Demikian mengenai Olympus Pen lite EPL3.

Please follow and like us:
0

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet