Perang Ketupat di Tempilang Bangka

May 26th, 2017 | Posted in Wisata | | Tags: , , , ,
2018-11-20 23:40

Perang Ketupat di Bangka Aset yang Perlu Dijaga dan DiLestarikan

Perang Ketupat di Tempilang BangkaPerang Ketupat yang digelar di Tempilang Bangka adalah pesta adat tahunan yang mengusung tema Jalin Silahturahmi dan Merekatkan Bangsa ini menarik perhatian warga dan wisatawan dari berbagai penjuru daerah, salah satu nya yaitu Gubernur Bangka Belitung Bapak Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Barat Bapak Parhan Ali.

Pada hari Minggu 21 Mei 2017, terdapat kurang lebih ribuan orang memadati Pantai Pasir Kuning, Tempilang, kabupaten Bangka Barat. Terik panas matahari tidak membuat masyarakat bernajak, mata mereka tertuju pada rangkaian ritual dan pesta perang ketupat yang digelar di tempat tersebut.

Tak ketinggalan Bapak Erzaldi dan Bapak Parhan terlihat nganggung bareng warga di Masjid Jamik Tempilang sebelum mereka menuju pantai pasir kuning. Tradisi nganggung ini juga di hadiri Sekretaris Daerah Yunan Helmi, Kapolres AKBP Hendro Kusmayadi SIK, anggota DPRD propinsi Bangka Belitung Yusderahman, anggota DPRD Babar Dafitri, Kapolsek Tempilang Ipda Astrian Tomi, kepala SKPD, camat, toko adat dan tokoh agama Tempilang.

sejarah perang ketupatDalam sambutannya, Bapak Erzaldi meminta semua pihak untuk melestarikan budaya dan tradisi Perang ketupat di kecamatan Tempilang dan berharap di tahun mendatang perayaan pesta adat dapat semakin semarak. Bapak Erzaldi rencananya akan berkordinasi dengan pemerintah kabupaten Bangka Barat terkait rencana pertambangan dan promosi tradisi dan pesta adat perang ketupat Tempilang Bangka ini.

Menurut Bapak Erzaldi, tradisi dan pesta adat perang ketupat ini merupakan aset budaya daerah yang patut dijaga dan dilestarikan apalagi tradisi pesta adat perang ketupat cukup dikenal baik di masyarakat lokal maupun masyarakat luar daerah.

Bapak Parhan Ali, Bupati Bangka Barat mengatakan bahwa Perang Ketupat di Tempilang Bangka ini merupakan pesta turun temurun. Setiap tahun kegiatan ini digelar dan selalu menarik perhatian masyarakat dan merupakan salah satu ikon budaya Bumi Sejitan Setason.

budaya perang ketupat bangka belitung

Baca Juga : Tempat Wisata Lembang Murah Meriah

Terdapat berbagai pantun dan tarian yang mengiringi ritual perang Ketupat di Tempilang Bangka ini, diantaranya Tari Serimbang. Di puncak acara pesta adat ini, dua kelompok pemuda saling serang dan melempar ketupat. Kubangan-kubangan debu membuat ritual semakin semarak. Seluruh pandangan penonton tertuju pada 2 kelompok yang saling serang itu. Setelah perang ketupat, ritual kemudian dilanjutkan dengan pengarakan sesaji ke tengah laut.

Please follow and like us:
0

Rekomendasi

picture of Tempat Wisata Di Bali Terbaru Yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Di Bali Terbaru Yang Wajib…
picture of Tempat Wisata Dibali
Tempat Wisata Dibali
picture of 7 Obyek Wisata Pantai Paling Menawan di Bali
7 Obyek Wisata Pantai Paling Menawan di…

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet