Mengenal Lebih Dekat Wisata Jalan Malioboro Yogyakarta

January 10th, 2016 | Posted in Wisata | | Tags: , , , , ,
2018-12-12 06:49

tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungiKota Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik, salah satu lokasi yang sangat populer ialah Jalan Malioboro. Jalan dengan panjang 2,5 km dan membentang dari Tugu Yogyakarta hingga Kantor Pos Yogyakarta ini setiap harinya tidak pernah sepi oleh para wisatawan. Asal nama Malioboro mempunyai dua versi yang berbeda. Pertama, nama Malioboro terdapat dalam bahasa Sansekerta, yang mempunyai arti ‘karangan bunga’. Hal tersebut disebabkan karena setiap kali keraton mengadakan acara atau hajatan, maka di sepanjang jalan akan dipenuhi dengan karangan bunga. Versi yang kedua yaitu mengungkapkan bahwa nama Malioboro didapatkan dari seorang bangsawan Inggris bernama Marlborough yang tinggal di Yogyakarta pada tahun 1881 hingga 1816.

Jalan Malioboro merupakan pusat oleh – oleh khas Yogyakarta. Di sepanjang jalan, Anda dapat menjumpai berbagai souvenir khas mulai dari batik, kaos, blangkon, kerajinan tangan, sandal, hingga bakpia patok dan yangko yang merupakan jajanan khas Yogyakarta. Anda dapat menikmati kelezatan nasi gudeg yang memang telah menjadi kuliner wajib di Yogyakarta. Untuk minumannya, Anda dapat menikmati es dawet yang menawarkan rasa legit dari gula merah dan dipadukan dengan kental dan gurihnya santan kelapa.

Mengenal Lebih Dekat Wisata Jalan Malioboro Yogyakarta

Apa yang menarik dari Jalan Malioboro dan sekitarnya?

Jalan Malioboro tentunya tidak hanya menawarkan oleh – oleh khas dari Yogyakarta saja, di sepanjang jalan ini juga terdapat sejumlah lokasi yang tidak kalah menariknya dari berburu oleh – oleh.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah pusat budaya dan pemerintahan di Provinsi DI Yogyakarta. Keraton menjadi sebuah kerajaan sekaligus sebagai tempat tinggal bagi keluarga Sri Sultan. Keraton yang merupakan salah satu tempat wisata budaya di Yogyakarta ini dibuka untuk umum setiap harinya mulai jam 08:30 hingga 12:30. Sementara pada hari Jum’at dan Sabtu, keraton akan tutup lebih awal, yakni pada jam 11:00.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah sebuah museum yang menyimpan beragam koleksi benda peninggalan di masa perjuangan. Tidak hanya itu, di sini juga tersedia ruang pemutaran film perjuangan serta diorama yang menampilkan keadaan Indonesia di zaman penjajahan.

Benteng Vredeburg dibuka pada jam 08:00 hingga 16:00 di hari Selasa – Jum’at, pukul 08:00 sampai 17:00 pada hari Sabtu – Minggu. Sementara untuk hari Senin, tempat wisata ini ditutup. Untuk memasukinya, Anda harus mengeluarjakan biaya sebesar 2.000 Rupiah per orang untuk dewasa sera 1.000 Rupiah untuk anak – anak. Sementara bagi para wisatawan asing harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 per orang bagi untuk dewasa ataupun anak-anak.

Pasar Beringhardjo

Pasar Beringhardjo merupakan salah satu pasar tradisional yang juga menjadi tempat wisata di Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sini, Anda dapat membelu batik dengan berbagai motif, jajanan, kerajinan tangan, aksesoris, hingga rempah – rempah sebagai bahan dasar untuk pembuatan jamu tradisional. Nama Beringhardjo didapatkan dari kata ‘Bering’ yang artinya pohon beringin dan ‘hardjo’ yang berarti sejahtera. Karena pasar ini dulunya merupakan sebuah hutan penuh dengan pohon beringin.

Baca juga : Oleh-oleh Khas Jogja Yang Paling Terkenal

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Salah satu wujud eksistensi dari etnis Tionghoa di Yogyakarta ialah dengan diadakannya Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta yang menjadi bagian dari perayaan Hari Imlek setiap tahunnya. Acara ini diadakan di sepanjang Jalan Malioboro dan sekitarnya. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain karnaval barongsai, pameran budaya, bazaar kuliner, panggung hiburan, serta lomba karaoke lagu mandarin.

Please follow and like us:
0

Rekomendasi

picture of Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
picture of Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang Bandung
Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang…

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet