Mengenal Lebih Dekat Obyek Wisata Danau Kelimutu di Pulau Flores

December 15th, 2015 | Posted in Wisata | | Tags: , , , , ,
2018-12-13 20:42

Obyek Wisata Danau Kelimutu di Pulau FloresDanau Kelimutu merupakan danau yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, yakni sebuah taman nasional yang paling kecil dari enam taman nasional yang terdapat di kawasan Bali dan Nusa Tenggara. Tempat wisata ini terletak di puncak Gunung Kelimutu yang mempunyai ketinggian sekitar 1.690 meter di atas permukaan laut. Danau Kelimutu terbagi atas tiga buah ‘kubangan’ atau kawah yang memiliki warna berbeda – beda.
Tidak hanya dikenal dengan nama Danau Kelimutu, tempat wisata ini juga sering disebut sebagai Danau Tiga Warna. Danau Kelimutu memiliki fenomena alam yang sangat menakjubkan karena tiga kawahnya yang terletak pada jarak berdekatan mempunyai warna air yang berbeda. Air di danau Kelimutu biasanya berwarna merah, putih, dan juga biru, namun dapat juga berubah menjadi hijau, hitam, atau coklat. Menariknya, saat para peneliti mencoba untuk mengambil air danau ini sebagai sampel, airnya justru berwarna bening.
Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini ialah antara bulan Juni hingga Agustus karena hujan cenderung tidak turun sehingga medan yang dilewati nantinya akan lebih aman. Kawasan Taman Nasional Kelimutu juga digunakan sebagai habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan juga binatang. Beberapa binatang dan tumbuhan tersebut di antaranya bahkan hampir punah seperti elang Flores, burung hantu Wallacea, serta kancilan Flores.

Sejarah Danau Kelimutu

Obyek Wisata Danau Kelimutu di Pulau Flores
Danau Kelimutu pertama kali ditemukan oleh seorang Belanda bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Saat itu, dia mengatakan kepada warga setempat bahwa terdapat tiga buah danau di puncak Gunung Kelimutu yang memiliki warna merah, putih, dan biru. Namun, warga tidak mudah percaya karena tiga warna tersebut merupakan warna bendera Belanda. Pada akhirnya, warga membuktikan sendiri tentang keberadaan Danau Kelimutu tersebut dan mempercayainya.
Keindahan Danau Kelimutu semakin terkenal setelah dirangkum ke dalam sebuah lukisan yang merupakan karya Y. Bouman pada tahun 1929. Mulai saat itu, keunikan dan keindahan Danau Kelimutu menjadi semakin terkenal dan mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Mitos Danau Kelimutu

Ketiga danau tersebut mempunyai nama masing – masing. Warga setempat percaya bahwa danau ini merupakan tempat bersemayamnya jiwa – jiwa orang yang meninggal. Nama dari ketiga danau ini antara lain adalah Tiwu Ata Mbupu yang merupakan tempat bagi jiwa – jiwa dari orang tua yang meninggal, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai sebagai tempatnya bagi jiwa – jiwa dari orang muda yang meninggal, kemudian Tiwu Ata Polo yang menjadi tempat bagi jiwa – jiwa orang jahat yang meninggal. Tiwu sendiri di dalam bahasa setempat artinya danau.
Danau yang paling sering mengalami perubahan warna ialah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Menurut warga sekitar, hal tersebut disebabkan karena danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai ditempati oleh jiwa yang masih muda dan labil sehingga akan berpengaruh terhadap perubahan warna air danau.
Perubahan warna bisa jadi pertanda
Warga sekitar percaya bahwa warna yang berubah di Danau Kelimutu dapat menjadi suatu pertanda buruk. Menurut mereka, hal tersebut sudah terjadi beberapa kali, di antaranya ialah pada tahun 1992 dan 2004.
Pada tahun 1992, salah satu danau pernah berubah warna menjadi coklat kemerahan seperti hati ayam. Tidak lama setelah itu, kemudian terjadi lah gempa bumi di Flores yang mengakibatkan terjadinya banyak korban jiwa. Hal tersebut juga terjadi pada tahun 2004 saat Aceh terkena tsunami dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Please follow and like us:
0

Rekomendasi

picture of Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
picture of Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang Bandung
Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang…

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet