Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Bangka Indonesia

March 10th, 2016 | Posted in Wisata | | Tags: , , , , ,
2018-12-09 01:02

Festival Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Pantai Terentang Bangka Tengah Sukses

Sedikitnya 50ribu warga dari berbagai penjuru Pulau Bangka, nusantara hingga mancanegara seperti Jepang, Singapura dan Eropa memadati sepanjang Pantai Terentang Kabupaten Bangka Tengah untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Pantai Terentang Bangka Tengah
Bahkan diantara mereka rela tidur di tenda sejak semalam sebelum Gerhana Matahari Total tidak sedikit pula yang sudah tidur di tenda semenjak 3 hari sebelum Gerhana Matahari Total untuk mendapatkan posisi yang tepat untukmeyaksikan peristiwa langkah ini.
Festival Gerhana Matahari Total di Bangka Tengah ini telah dilaksanakan sejak tanggal 6 Maret 2016. Antusias masyarakat sudah terlihat sejak hari pertama festival. Beberapa penampilan di festival ni diantaranya tari rudat kolosal yang melibatkan 300 siswa hingga pengajian dan aksi gamelan dari budayawan Yogyakarta Cak Nun serta Tim Kiai Kanjang sangat menghibur masyarakat yang datang di lokasi pengamatan GMT.
Selain itu Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah RI, Anies Baswedan, Kajagung RI, M Prasetyo, Rektor dan Dekan UNY ikut menyaksikan GMT di Bangka tengah. Anies Baaswedan sangat terkesan dengan Pemerintah Bangka Tengah yang telah meyiapkan banyak kegiatan bermanfaat bagi masyarakat umum dan pelajar.

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 di Pantai Terentang Bangka Tengah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Bawesdan terpaksa jalan kaki sejauh 3 kilometer untuk tiba di lokasi. Hal ini dikarenakan mobil yang ditumpanginya terjebak macet. Namun demikian Anies sangat senang bisa menyaksikan GMT  dengan anak-anak berkebutuhan khusus.
Pantai dengan panjang 3 kilometer ini berada di kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung. Wisatawan yang datang ke pantai Terentang ini ada yang hanya ingin menikmati momen Gerhana matahari Total namun ada juga yang datang untuk melakukan penelitian terhadap fenomena alam tersebut.
Awalnya puluhan ribu warga yang menyaksikan gehana matahari total di Pantai Terentang ini harap-harap cemas karena awan pekat menutupi matahari yang mulai terbit. “HUUUUUUUU…HUUUUUUUU”  teriak ratusan warga yang sedang menunggu Gerhana Matahari Total di Bangka. Namun momen yang ditunggu pun tiba, Gerhana Matahari Total terlihat sempurna di Pantai Terentang Koba, Bangka Tengah.  “LUUUUUAR BIASAAA”, “AWESOME”, “AMAZING” seru wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara menyaksikan peristiwa langkah ini.
Anies menjelaskan ada dua pesan mendidik bagi anak-anak dan masyarakat dalam momen Gerhana Matahari Total ini. “yang pertama ini kebesaran Yang Maha Kuasa, mengajarkan kepada anak-anak betapa kecilnya kita dihadapan pencipta dan itu harus ditanamkan kepada masyarakat,” jelas Anies. Pelajaran kedua yaitu fenomena GMT merupakan ilmu yang sangat baik dan pasti. “Detiknya tahu kapan gerhana mulai dan selesai dan dua pesan ini harus diterangkan di dunia pendidikan tentunya” terang Anies.
Sebelum kedatangan Anies, Jaksa Agung RI, M Prasetyo lebih dahulu di lapangan bersama istrinya dan rombongan pejabat lain. Dia berharap dengan event puluhan tahun sekali ini dapat membuka mata dunia akan pariwisata di pulau Bangka. “Kita harap dengan kehadiran GMT ini akan embuat wisatawan semakin mengenal Bangka dan datang terus ke sini,” ungkapnya disela-sela menunggu momen GMT didampingi istrinya.
Momen Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 kemaren mampu menarik perhatian sekitar 100.000 wisatawan mancanegara. Mereka menyaksikan maupun melakukan penelitian di 12 provinsi di Indonesia yang dilintasi Gerhana. Setiap daerah yang dilintasi garis merah mampu menyerap kunjungan turis asing sekitar 10.000 orang.

Kategori kunjungan khususnya internasional turis di Indonesia rata-rata merupakan warga negara asing asal Jepang. Mereka mengejar momen Gerhana Matahari Total karena di Jepang memiliki kebudayaan terkait matahari. Berikut adalah data momen-momen Gerhana Matahari Total baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi di masa mendatang. Semoga yang belum menyaksikan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 kemaren bisa menyaksikannya di tahun-tahun mendatang. Amin :)
Momen Gerhana Matahari Total

  • 11 Juni 1983

Jawa, Sulawesi dan Irian Jaya

  • 24 November 1984

Irian Jaya

  • 18 Maret 1988

Sumatera, Kalimantan

  • 24 Oktober 1995

Halmahera

  • 9 Maret 2016

Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Halmahera

  • 20 April 2023

Papua

  • 20 April 2042

Sumatera, Kalimantan

  • 25 November 2045

Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Halmahera

  • 12 September 2053

Sumatera

  • 3 september 2081

Jawa

  • 24 Agustus 2082

Sumatera, Kalimantan, Halmahera

  • 22 Mei 2096

Sumatera, Kalimantan

Please follow and like us:
0

Rekomendasi

picture of Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
picture of Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang Bandung
Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang…

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet