10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menawan nan Eksotis

April 1st, 2016 | Posted in Wisata | | Tags: , , , , , ,
2018-12-13 19:38

Banyuwangi adalah Kota sekaligus Kabupaten yang berada di ujung timur P.Jawa. Karena letaknya ini lah, Banyuwangi menjadi kota Transit bagi wisatawan yang akan menyebarang ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang.

Walaupun merupakan Kota Transit, Banyuwangi mempunyai berbagai tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi, diantaranya :

  1. Kawah Ijen Blue Lava
tempat wisata di Banyuwangi Kawah Ijen Blue Lava

Images dari : telusurindonesia.com

Kawah Ijen ini merupakan tempat wisata Banyuwangi yang sangat populer baik bagi wisatawan domestik maupun bagi wisatawan mancanegara. Kawah Ijen berada di ketinggian 2.368 M diatas permukaan laut, dengan luas kawah 20km dikelilingi dinding Kaldewa setinggi 300-500M sehingga membuat Anda betah berlama-lama di sini untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa indahnya.

 

Suhu Kawah Ijen bisa mencapai 200 derajat Celcius dengan tingkat keasaman yang dapat meleburkan pakaian bahkan tubuh manusia. Keistimewaan dari Kawah Ijen ini yaitu Blue Fire ( Api Biru) yang terletak di bawah kawah yang akan semakin menarik jika dalam kondisi gelap. Oleh karena itu untuk melihat keindahan Api Biru ini Anda harus datang pada dini hari. Selain Api Biru, Anda juga bisa melihat kegiatan tambang belerang tradisional di Kawah Ijen ini.

 

  1. Teluk Hijau

Teluk Hijau termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Air di teluk ini benar-benar jernih kehijauan yang sangat menawan. Tempat wisata di Banyuwangi ini dikelilingi hutan tropis dan mempunyai hamparan pasir putih bersih. Berbagai kegiatan yang bisa Anda lalkukan di Teluk Hijau yaitu snorkling, berenang, memancing, dan bermain pasir. Oh ya Anda juga bisa lho mengunjungi Air Terjun Bidadari yang masih berada di area pantai. Menurut cerita warga sekitar, air terjun yang ketinggiannya mencapai 8m ini merupakan tempat para bidadari mandi pada waktu tertentu.

 

  1. Pantai Watu Dodol

Ketika Anda menuju Pelabuhan Ketapang dari Jember, Anda bisa dengan mudah menemukan Pantai Watu Dodol. Lokasi Pantai Watu Dodol ini ditandai dengan bongkahan batu besar yang ada di tengah jalan dan terdapat Patung Gandrung/penari Khas Banyuwangi. Tempat wisata di Banyuwangi ini berlokasi di poros Banyuwangi-Situbondo yang berjarak hanya +/- 2 Km dari Pelabuhan Ketapang sehingga Anda bisa melihat kapal Ferry yang hilir mudik antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi.

 

  1. Pantai Pulau Merah
tempat wisata di Banyuwangi Pantai Pulau Merah

Images dari : initempatwisata.com

Pantai Pulau Merah berada di Desa Sumberagung Kec.Pesanggaran, Banyuwangi sekitar 60Km dari Kota Banyuwangi. Tempat wisata di Banyuwangi ini dinamakan Pulau Merah karena terdapat sebuah bukit yang menjulang tinggi di ujung pantai dan terdapat bebatuan kerang di bawah bukit yang jika pada saat sunset akan terlihat cahaya jingga kemerahan yang muncul dari balik bukit. Selain menyuguhkan sunet yang mempesona, Pulau Merah juga menjadi tempat berselancar berkelas dunia di Pjawa. Oleh karenaitu Pantai Pulau merah disebutkan sebagai Pantai Kuta kedua.

 

  1. Taman Nasional Alas Purwo

 Taman Nasional Alas Purwo berada di Kecamatan Kalipuro Kab.Banyuwangi tepatnya diperlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo. Alas Purwo hanya berjarak +/- 5Km dari Pelabuhan Ketapang namun jika dari Kota Bnyuwangi Anda harus menempuh jarak +/- 14 Km ke arah Utara. Selain terdapat 580 jenis flora dan 50 jenis fauna. Taman Nasional Alas Purwo ini juga memiliki 236 jenis Burung darat dan air. Dengan Luas 43.420 Ha dan ketinggian 322M di atas permukaan laut, menjadikan tempat wisata di Banyuwangi ni angker dan penuh misteri.

Setiap tanggal 1 Suro, warga sekitar berbondong-bondong pergi ke Taman Nasional Alas Purwo untuk bersemedi. Warga sekitar percaya bahwa di sini mempunyai istana Jin, tempat berkumpulnya para Jin dari seluruh P.Jawa.

 

  1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung / G-Land sangat terkenal dikalangan peselancar baik peselancar domestik maupun peselancar mancanegara. Dengan ombak yang sangat ideal untuk berselancar, Pantai Plengkung dijuluki The Seven Giant Waves Wonder (Tujuh Gulungan Besar) dengna ketinggian mencapai 6m. Ombak yang ada di Pantai ini disebut sebagai ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Waktu terbaik untuk berselancar di sini adalah bulan Juli sampai dengn September. Pantai Plengkung ini dikelilingi hutan tropis yang terdapat air terjun di dalamnya.

 

  1. Pantai Rajegwesi

 Pantai Rajegwesi berada di Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran Keistimewaan pantai ini yaitu terdapat bunker sisa kejayaan bangsa Jepang pada zaman penjajahan. Karena pasir pantai bercampur dengan endapan lumpur yang terbawa aor sungai saat banjir, mengakibatkan pasir pantai menjadi berwarna kecoklatan dan sangat lembut. Mayoritas wargas sekitar berprofesi sebagai nelayan, jadi Anda dapat melihat perahu nelayan yang diparkir di bagian Barat pantai. Sedangkan di bagian Timur terdapat tempat lapang untuk penyu-penyu bertelur.

 

  1. Air Terjun Kalibendo
tempat wisata di banyuwangi Air Terjun Kalibendo

Images dari : banyuwangibagus.com

Air Terjun Kalibendo berada +/- 20Km dari pusat Kota Banyuwangi. Pemandangan di sini sangat menenangkan dengan air jernih serta sungai-sungai dengan air dingain mengalir di sekitar air terjun. Tempat wisata di Banyuwangi ni mempunyai tinggi 10M, disepanjang jalan menuju air terjun jika berangkat dari Kampung Anyar Glagah, Anda akan melihat indahnya perkebunan cengkeh, teh dan kopi yang berupa hamparan hijau menyejukkan mata.

 

  1. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider berada di Desa Sumber Arum, Kec Songgon dan berada di ketinggian 1300M di atas permukaan laut. Akses menuju ke tempat wisata Banyuwangi ini lumayan berat namun semua akan terbayar ketika Anda menikmati pemandangan yang luar biasa cantiknya selama perjalanan. Anda akan melewati perkebunan nan hijau, 7 sungai di dalam hutan, serta Kera dan Burung dalam perjalanan. Perlu diingat bahwa Anda harus membawa bekal yang cukup karena tidak ada penjual makanan di area air terjun ini.

 

  1. Agrowisata Kali Klatak

Agrowisata pelopor di Banyuwangi ini berada di lereng gunung, ketinggiannya mencapai 450M di atas permukaan laut, sehingga tanah kawasan wisata ini sangat subur, cocok untuk bercocok tanam apapun. Hasil perkebunan Kkali Klatak yaitu berupa berbagai rempah, buah-buahan, kelapa, coklat, karet dan kopi. Pada zaman dahulu agrowisata ini dimiliki oleh pemerintahan Belanda di bawah kekuasaan Mij Moorman & Co. Namun kemudian beralih tangan ke orang pribumi, R.Soehoed Prawiroatmodjo. Berkunjunglah ke agrowisata ini pada tanggal 17 April karena ada kegiatan menarik yang akan diadakan di sini yaitu ritual sedekah Bumi.

Baca juga : 3 Wisata Alam Jawa Timur yang Sajikan Keindahan Ibu Pertiwi

Demikianlah 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menawan nan Eksotis yang wajib Anda kunjungi. Kota Banyuwangi bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda dan keluarga selain P.Bali, karena keindahan alamnya sering di banding-bandingkan dengan Pulau Dewata Bali. Semoga Bermanfaat. Selamat Berlibur J

Please follow and like us:
0

Rekomendasi

picture of Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
Tempat Wisata Lembang Murah Meriah
picture of Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang Bandung
Berdetinasi Ala Koboi di De Ranch Lembang…

Komentar

Name is required and must be a string.

No comments yet